Fakta Unik Dari Burung Kiwi

Fakta Unik Dari Burung Kiwi

Jenisburungdunia.net – Kiwi adalah burung kecil yang terancam punah endemik Selandia Baru, dan secara tidak resmi menjadi simbol negara tersebut. Selain bentuknya yang imut, burung kiwi juga punya beberapa karakteristik sangat unik yang membuat mereka tampak menakjubkan

Burung kiwi masih berkerabat dekat dengan burung unta, tapi punya karakteristik lebih mirip mamalia dibandingkan golongan unggas lainnya. Berikut ini adalah fakta unik dari burung kiwi tersebut.

1. Ukuran telur sangat besar berdasar proporsi tubuh
Kiwi betina menghasilkan telur terbesar berkaitan dengan ukuran tubuhnya bila dibandingkan burung lainnya di dunia. Telur burung kiwi berukuran 20 persen dari ukuran tubuh induknya, dan bobotnya bisa mencapai 0,5 kg.

Sebagai perbandingan, bayi manusia hanya berukuran 5 persen dari tubuh ibunya. Sebagai imbas dari besarnya ukuran telur, telur burung kiwi banyak mengandung kuning telur, sehingga memungkinkan bayi kiwi ketika menetas langsung punya banyak bulu, sehat, dan ukurannya besar.

2. Hanya berpasangan satu kali seumur hidup
Burung kiwi merupakan sedikit dari spesies yang berpasangan hanya satu kali seumur hidupnya, alias monogami. Selama musim kawin, jantan dan betina akan aktif saling memanggil di malam hari, dan bertemu di sarang yang dibuat bersama setiap tiga hari sekali. Hubungan jantan-betina burung kiwi terlama yang dicatat adalah 20 tahun, hingga salah satunya mati.

3. Punya indra penciuman yang tajam
Indra penciuman yang tajam merupakan atribut yang jarang dimiliki seekor burung, tapi kiwi telah mengembangkan indra penciumannya dengan baik. Mereka adalah satu-satunya burung dengan lubang hidung pada ujung paruhnya, sehingga dengan kemampuan itu membuat mereka bisa mencium mangsa di bawah tanah.

4. Burung tanpa sayap karena kondisi alam
Sudah jadi rahasia umum bahwa burung kiwi tidak bisa terbang, tapi tidak adanya sayap pada burung kiwi bukannya tanpa sebab. Sebelum manusia menginjakkan kakinya di Selandia Baru ribuan tahun lalu, memang tidak ada predator darat yang mengancam populasi kiwi, sehingga burung ini tidak mengembangkan sayap dan relatif aman mencari makan dan bersarang di atas tanah.

5. Bulunya tebal sebagai perlindungan diri
Bulu burung kiwi telah berevolusi menyesuaikan dengan hidupnya yang di tanah, sehingga tampilan kiwi penuh dengan bulu tebal di sekujur tubuhnya. Bulu tebal ini bisa membantu burung kiwi kecil menyamar untuk menghindari predator terbang dengan menyerupai semak belukar.

Baca Juga : Beberapa Burung Dengan Kemampuan Terbang Yang Unik

6. Punya metode pertahanan diri
Meski kiwi adalah hewan nokturnal atau aktif di malam hari, mereka tidak pemalu. Burung ini sangat waspada dengan wilayahnya, dan mereka punya cakar tajam yang bisa membahayakan lawannya.

Menurut peneliti burung kiwi Dr. John McLennan, salah satu kiwi di North Westland, Selandia Baru, yang ditelitinya dan diberi nama Pete terkenal karena kebiasaan menyerang lalu kabur. Burung itu mencabik kaki lalu sembunyi di antara semak belukar.

7. Punya ingatan tajam dan susah ditipu
Burung kiwi punya ingatan tajam, dan mampu mengingat kejadian buruk yang menimpanya setidaknya selama lima tahun. Burung ini mungkin bisa ditipu dengan rekaman panggilan suara kiwi sekali saja, kemudian selanjutnya mereka akan curiga pada pola suara tersebut hingga menyadari tipuan itu.

Beberapa Burung Dengan Kemampuan Terbang Yang Unik

Beberapa Burung Dengan Kemampuan Terbang Yang Unik

Jenisburungdunia.net – Terbang adalah kemampuan yang dimiliki sebagian besar burung. Mulai dari untuk mencari makan, kabur dari pemangsa, atau bermigrasi, terbang jadi kemampuan yang sangat vital bagi mereka untuk bertahan hidup. Namun dari sekian banyak burung, tentu ada beberapa yang pantas disebut sebagai jagoan terbang. Ada yang punya kecepatan terbang luar biasa, mampu terbang untuk waktu yang sangat lama, hingga bisa terbang secara akrobatik. Burung apa saja mereka? Ini dia ulasan mengenai beberapa burung dengan kemampuan terbang yang unik yang perlu anda ketahui :

1. Terbang tercepat: falkon peregrin
Kalau urusan kecepatan, falkon peregrin adalah juaranya. Burung yang juga disebut alap-alap kawah ini mampu terbang dengan kecepatan yang mencengangkan, yaitu 320 km per jam. Itu sama dengan kecepatan kereta Shinkansen alias kereta peluru Jepang.

Kecepatan itu membuat falkon peregrin tidak hanya menjadi burung tercepat di dunia, tapi juga hewan tercepat di dunia! Mereka bisa mencapai kecepatan maksimum pada saat terbang menukik untuk menangkap mangsanya. Dengan kecepatan tersebut, pasti susah bagi mangsanya untuk lolos!

2. Terbang horizontal tercepat: albatros kepala abu-abu
Kecepatan falkon peregrin memang luar biasa, tapi mereka bisa mencapai kecepatan tersebut saat sedang terbang menukik, yang artinya mereka mencapat ‘bantuan’ dari tarikan gravitasi bumi. Lalu hewan apa yang memiliki kecepatan terbang horizontal terbaik?

Jawabannya adalah albatros kepala abu-abu, yang memegang rekor dunia dengan kecepatan terbang horizontal 127 km per jam. Hebatnya lagi, mereka bisa mempertahankan kecepatan tersebut hingga delapan jam lamanya!

3. Terbang terlama: walet
Burung walet adalah burung yang umum terdapat di mana-mana, termasuk Indonesia. Namun burung ini memiliki kemampuan terbang yang sangat luar biasa, bahkan bisa dibilang super. Burung walet diketahui bisa terbang di udara tanpa mendarat hingga 10 bulan lamanya!

Kedengarannya memang sulit dipercaya, tapi hal itu diketahui dari penelitian tim ilmuwan dari Universitas Lund di Swedia. Berkat semacam gadget yang mereka pasang pada 13 ekor walet, mereka bisa mengetahui apakah burung-burung tersebut sedang terbang atau mendarat.

Hasilnya, ternyata 3 dari 13 walet tersebut sama sekali tidak berhenti terbang selama 10 bulan. Artinya mereka melakukan segalanya sambil terbang, mulai dari makan, minum, kawin, bahkan tidur! Benar-benar juara terbang ya.

4. Terbang terjauh: burung dara Arktik
Banyak burung yang melakukan migrasi tahunan, dan biasanya lokasi migrasi mereka sangat jauh. Tapi tidak ada yang mengalahkan jauhnya perjalanan yang ditempuh burung dara Arktik saat bermigrasi, karena mereka bermigrasi benar-benar dari ujung ke ujung bumi.

Burung dara Arktik kawin di Arktik alias kutub utara, lalu terbang ke Antarktika di kutub selatan, lalu kembali lagi ke kutub utara. Perjalanan tersebut menghabiskan jarak 80.467 km alias lebih dari dua kali keliling bumi! Itu baru namanya penjelajah sejati.

Baca Juga : Fakta Unik Dari Burung Hantu

5. Terbang paling senyap: burung hantu
Manusia selalu berusaha untuk menciptakan mesin yang senyap untuk menghindari polusi suara. Namun dalam membuat mesin terbang, hal itu sangat sulit dilakukan. Tapi tidak bagi burung hantu, karena burung ini bisa terbang nyaris tanpa suara sama sekali.

Kebanyakan burung biasanya menimbulkan suara kepakan sayap saat terbang. Semakin besar burung, semakin besar pula suaranya. Namun berbagai spesies burung hantu yang besar sekalipun tidak mengeluarkan suara saat terbang, itu berkat bentuk bulu mereka yang ujungnya bukan lancip tapi membulat hingga bisa meredam suara.

6. Terbang paling akrobatik: kolibri
Satu lagi burung juara terbang adalah kolibri. Soal kecepatan atau jarak terbang, kolibri memang kalah dari burung-burung lain. Tapi kolibri memiliki kemampuan terbang akrobatik yang tidak tertandingi. Misalnya, kolibri adalah satu dari sedikit burung yang bisa terbang di tempat, mengapung di udara seperti helikopter.

Burung terkecil di dunia ini juga bisa mengebaskan air dari sayapnya sambil terbang. Dan mereka adalah satu-satunya burung di dunia yang bisa terbang ke samping dan bahkan ke belakang! Wah, hebat ya!

Itulah enam burung yang pantas disebut sebagai jagoan terbang. Mulai dari yang tercepat hingga yang paling akrobatik, kamu pasti setuju kalau semuanya mengagumkan. Jadi, yang mana yang paling membuatmu takjub?

Fakta Unik Dari Burung Hantu

Fakta Unik Dari Burung Hantu

Jenisburungdunia.net – Kamu mungkin pernah mendengar suara burung hantu, meski belum pernah melihatnya secara langsung. Dibandingkan dengan burung lain yang dapat dengan mudah kita lihat di mana-mana, burung hantu memang lebih misterius. Selain lebih aktif di malam hari, penampilan burung hantu juga kadang terlihat menyeramkan, bahkan di beberapa tempat dianggap sebagai simbol kematian, kok bisa? Cari tahu beberapa fakta unik dari burung hantu agar anda tidak penasaran lagi :

1. Kepala mereka tidak bisa berputar 360 derajat
Banyak orang mengatakan bahwa kepala burung hantu bisa berputar 360 derajat. Namun, itu hanya sebuah mitos. Seperti yang dilansir dari laman Mental Floss, burung hantu bisa memutar leher hingga 135 derajat di kedua arah sehingga total kepala mereka bisa berputar 270 derajat.

Apakah ini akan membuat burung hantu terluka? Tenang saja. Adaptasi tulang, pembuluh darah dengan reservoir kontraktil, dan jaringan pembuluh darah yang dimiliki burung hantu memungkinkan mereka untuk memutar kepala sebanyak 270 derajat tanpa perlu merasa kesakitan.

2. Memiliki mata berbentuk tabung
Selain kepala yang bisa berputar, burung hantu juga dikenal dengan matanya yang besar. Bagi sebagian orang, mata burung hantu mungkin menakutkan, terutama jika kita melihatnya di malam hari.

Uniknya, berbeda dengan burung lain yang punya mata berbentuk bola, burung hantu memiliki mata berbentuk tabung sehingga mata mereka terpaku pada tempatnya. Karena bentuk tersebut, burung hantu harus menoleh untuk bisa melihat ke arah lain.

3. Meski begitu, burung hantu rabun dekat
Selain bentuk yang tidak biasa, mata burung hantu didesain untuk melihat dalam gelap. Bentuk mata ini juga membuat burung hantu bisa melihat dalam keadaan jauh. Sebaliknya, burung hantu sangat buruk ketika harus melihat mangsanya dari dekat.

Ketika terbang mendekat, mangsa akan terlihat buram bagi burung hantu. Nah, agar tetap bisa menangkap mangsanya, burung hantu menggunakan bulu-bulu kecil pada paruh dan kaki untuk bisa merasakan keberadaan mangsanya.

4. Namun, mereka memiliki pendengaran super
Sama seperti kebanyakan hewan yang berburu pada malam hari, burung hantu memiliki indra pendengaran yang sangat tajam. Mereka bisa mendengar suara dari bawah dedaunan, tanah, bahkan salju sekalipun. Seekor burung hantu bahkan bisa mendengar suara tikus yang menginjak ranting dari ketinggian 23 meter.

Baca Juga : Fakta Unik Dari Burung Gagak

5. Burung hantu juga bisa berubah jadi kanibal
Pada dasarnya, burung hantu adalah hewan karnivor. Biasanya mangsa favorit mereka adalah tikus, serangga, atau mamalia kecil lainnya.

Meski begitu, tidak jarang burung hantu juga memangsa elang atau rusa, bahkan burung hantu dari jenis yang berbeda. Kebiasaan saling memangsa satu sama lain inilah yang kemudian menjadi penyebab menurunnya populasi burung hantu di seluruh dunia.

6. Menjadi simbol kemenangan sekaligus pertanda kematian
Dalam kepercayaan Yunani Kuno, burung hantu adalah hewan pendamping bagi Athena, dewi kebijaksanaan. Selain itu, Athena merupakan seorang prajurit. Keberadaan burung hantu sendiri sering dijadikan sebagai simbol perlindungan juga kemenangan.

Tidak heran, banyak tentara Yunani beranggapan keberadaan burung hantu selama perang merupakan simbol kemenangan. Namun, tidak semua orang menganggap burung hantu adalah hewan keberuntungan.

Fakta Unik Dari Burung Gagak

Fakta Unik Dari Burung Gagak

Jenisburungdunia.net – Siapa yang tak kenal burung gagak? Burung ini terkenal dengan penampilannya yang ‘sangar’ karena bulunya yang hitam legam. Ada sekitar 40 spesies gagak di seluruh dunia, dan beberapa spesies hidup di Indonesia. Di kebudayaan barat, burung gagak sering dihinggapi citra buruk. Mulai dari dianggap sebagai pembawa kematian, pembawa sial, bahkan simbol ilmu hitam. Tapi jangan buru-buru berburuk sangka terhadap gagak ya, karena si hitam ini punya sejumlah keunikan yang bisa membuatmu kagum! Yuk cek apa saja fakta unik dari burung gagak yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Burung gagak sangat cerdas
Di dunia burung, gagak memiliki ukuran otak yang terbilang luar biasa lho. Gagak memiliki rasio massa otak dan tubuh sekitar 2,7 persen. Rasio itu lebih besar dari manusia lho, yang hanya mencapai 1,9 persen. Artinya, kalau gagak memiliki tubuh sebesar manusia, maka ukuran otak mereka akan lebih besar daripada otak manusia!

Memangnya seberapa cerdas sih gagak itu? Penelitian menunjukkan bahwa mereka bisa membuat dan menggunakan alat untuk mengambil makanan. Tidak hanya itu, beberapa spesies gagak bahkan mengerti cara membaca lampu lalu lintas lho. Wah, luar biasa ya!

2. Kelompok gagak di daerah berbeda punya logat yang berbeda pula
Manusia biasanya memiliki aksen alias logat yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya, meski sama-sama berbahasa jawa, orang di kawasan Jawa Tengah umumnya berbicara dengan logat yang berbeda dengan orang di Jawa Timur. Begitu pula dengan bahasa-bahasa lainnya.

Nah, ternyata perbedaan semacam itu juga berlaku di dunia gagak lho. Kawanan gagak yang tinggal di suatu wilayah ternyata memiliki aksen yang berbeda dengan kawanan gagak di wilayah lain. Dan seperti manusia pula, jika gagak berpindah lokasi dan bergabung dengan kelompok lain, gagak tersebut bisa menyesuaikan diri dengan logat setempat lho!

3. Seperti beo dan kakatua, gagak bisa menirukan suara manusia
Selama ini burung yang terkenal bisa menirukan suara manusia adalah beo dan kakatua. Tapi tahukah kamu bahwa gagak juga bisa melakukannya? Bahkan bukan cuma suara manusia, gagak yang dipelihara bisa menirukan suara-suara lain, misalnya suara mesin mobil, suara toilet, dan suara binatang-binatang lain. Wow!

Baca Juga : Fakta Unik Dari Burung Walet

4. Gagak adalah sibling goal sekaligus anak berbakti
Ada banyak hewan yang terkenal sebagai induk atau orangtua yang baik. Tapi bagaimana dengan saudara yang baik? Mungkin gagak adalah juaranya. Ilmuwan mengamati bahwa gagak remaja ternyata sering membawa makanan ke sarang untuk adiknya yang baru menetas, sesuatu yang biasanya hanya dilakukan oleh induk burung. Wah, sibling goal banget kan?

Gak cuma itu, gagak juga ternyata bisa berbakti kepada orangtua lho! Selain untuk adik-adiknya, gagak juga bisa membawakan makanan untuk orang tuanya, dan juga menjaga sarang orangtuanya dari serangan predator. Tuh kan, gagak aja berbakti, jadi kamu juga harus berbakti pada orangtua ya!

5. Gagak bisa menaruh dendam
Kalau suatu saat kamu bertemu gagak, jangan diganggu ya. Bukan saja karena hal itu tidak baik, tapi juga karena si gagak bisa dendam kepadamu! Ya, si burung cerdas ini terbukti bisa mengenali dan mengingat wajah manusia lho.

Uji coba ilmuwan menunjukkan bahwa ketika seekor gagak diperlakukan tidak baik, gagak tersebut akan menyerang si pelaku, bahkan mengajak teman-temannya untuk menyerang bersama. Lalu 7 tahun kemudian, gagak tersebut masih mengenalinya dan lagi-lagi menyerang sambil dibantu teman-temannya! Makanya, jangan macam-macam dengan gagak ya.

Itulah lima fakta unik dari gagak, si burung hitam yang ternyata sangat cerdas. Gimana, ternyata gagak itu keren kan? Jadi jangan pernah berprasangka buruk terhadap burung cantik ini ya!

Fakta Unik Dari Burung Walet

Fakta Unik Dari Burung Walet

Jenisburungdunia.net – Sebagian orang, khususnya orang Asia pasti tidak asing lagi dengan burung walet. Burung yang hidup di daerah tropis ini hanya bisa ditemui di Asia Tenggara seperti di Indonesia, Vietnam, Filipina, Thailand dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Hal ini disebabkan burung walet hanya bisa hidup dengan kondisi daerah dengan curah hujan yang tinggi, makanya mereka hanya bisa hidup di kawasan iklim tropis. Berikut ini terdapat beberapa fakta unik tentang burung walet yang akan menambah wawasanmu tentang hewan bernama ilmiah apodidae ini. Yuk disimak.

1. Burung walet membangun sarangnya dengan air liur
Burung yang satu ini menggunakan air liurnya untuk membangun sarang. Air liur tersebut berasal dari tenggorokan burung walet, di mana di tenggorokannya terdapat pabrik air liur yang disebut Glandula. Produksi air liur mulai aktif menjelang burung walet mengalami fase bertelur. Perlu diketahui, air liur yang keluar dari tenggorokan binatang ini menjadi satu-satunya bahan baku membuat sarang. Jadi, sarang walet murni dari air liurnya sendiri tanpa campuran bahan lainnya.

Adapun sarang burung walet sering dijumpai di area langit-langit gua atau langit-langit gedung tinggi. Burung walet membangun sarang di area tersebut agar lebih aman, sehingga terhindar dari serangan binatang predator seperti tikus. Periode walet membuat sarangnya sekitar 8 minggu. Adapun liur yang keluar dari mulut burung walet awalnya berbentuk cairan kental, lalu nantinya setelah walet merajut sarangnya maka rajutan dari air liurnya akan mengering dan keras, bentuknya seperti bihun. Saat ini sarang burung walet menjadi incaran banyak orang karena bisa menjadi obat berbagai penyakit.

2. Punya sayap yang kuat
Sayap burung walet terbilang kuat, makanya burung yang satu ini sangat tangguh dalam urusan terbang dalam radius berpuluh kilometer tanpa jeda. Burung ini terbang jauh untuk mencari makanan. Adapun bentangan lebar sayap burung ini sekitar 18 cm. Sayap burung ini bentuknya meruncing.

3. Walet bisa mati jika dikurung
Tidak seperti burung beo yang aman dan tetap hidup meski tinggal di dalam sangkar kandang, lain cerita dengan burung walet. Burung yang satu ini tidak tahan untuk dikurung dan ia bisa cepat mati jika mengalami kurungan. Jika walet mengalami kurungan, maka burung ini hanya bisa bertahan hidup 5 atau 6 hari setelah dikurung, lalu sesudah itu burung ini pun mati. Penyebab walet mati jika dikurung karena sudah menjadi sifat dan habitat walet berada di ruang yang terbuka dan bisa terbang tinggi. Makanya jika dikurung mereka sulit memilih serangga yang disukai untuk mereka makan, sehingga kurungan mengancam keberlangsungan hidup mereka.

Baca Juga : Beberapa Fakta Unik Burung Kenari Rusia

4. Memiliki kaki yang lemah
Burung walet tidak bisa berdiri lama seperti burung lainnya, ini karena kaki burung yang satu ini lemah dan pendek. Alhasil tak kuasa menopang bobot tubuhnya. Jadi saat mencari makan burung ini lebih memilih menyambar makanannya seperti serangga yang lewat. Karena itu burung walet jarang hinggap di pohon atau bertengger lama-lama di permukaan tanah.

5. Burung walet tidak bisa mematuk
Tidak seperti ayam atau kawanan jenis burung yang lain, burung walet tidak bisa mematuk mangsanya. Mereka hanya menggunakan paruhnya untuk menyambar makanan seperti serangga yang sedang terbang di hadapan mereka. Saat itulah walet menyerang serangga buruannya dengan cara menyambar. Mereka kerap mencari makan di arae persawahan, hutan, rawa dan juga perkebunan.

Demikian 5 fakta unik burung walet, binatang yang kerap hidup di area pantai, pemukiman dan juga gua. Burung yang satu ini kerap menjadi objek budidaya hewan oleh sejumlah orang untuk meraup keuntungan, terutama dari sarang burung yang dihasilkan walet.