Burung Gelatik

Burung Gelatik

jenisburungdunia.net – Burung gelatik, yang satu ini adalah khas Indonesia lebih tepatnya berasal dari Pulau Jawa, bentuknya yang kecil lincah dan corak warnanya yang mengkilau membuat orang berambisi untuk memilikinya, dengan cara apapun sehingga sekarang ini habitatnya sudah mulai punah.

Selain masuk dalam kategori burung kontes, burung ini juga sering digunakan sebagai burung pemaster burung lain. Di tanah air sendiri terdapat berbagai varian jenis gelatik dengan ciri-ciri yang berbeda-beda. Nah bagi anda yang belum mengetahui varian Gelatik, berikut ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai jenis-jenis Gelatik yang ada di tanah air.

Jenis Jenis Gelatik di Indonesia :

Gelatik Batu / Gelatik Wingko
Jenis burung gelatik batu memiliki nama latin parus major. Burung ini memiliki panjang rata-rata sekitar 13 cm dengan warna putih, abu-abu dan juga hitam. Burung gelatik batu jantan memiliki kepala dengan warna hitam pekat sedangkan gelatik batu betina memiliki bagian kepala berwarna abu-abu. bagian burung gelatik didominasi dengan warna hitam dan sedikit warna putih yang terkesan seperti bentuk coretan saja. Burung gelatik batu memiliki sifat sangat aktif bergerak dan suka turun naik pohon dengan lincah.

Baca juga : Burung Kenari

Gelatik Jawa
Jenis Gelatik jawa mempunyai sebutan nama latin yaitu oryzivora. Gelatik jenis ini mempunyai postur tubuh mungil dengan ukuran panjang sekitar 15 cm. Ciri-ciri burung Gelatik jawa ini diantaranya memiliki perut yang berwarna coklat kemerahan. Memiliki lingkaran merah disekitar daerah mata. Berbulu coklat namun jika sudah dewasa akan berubah menjadi keabu-abuan, dan warna kaki yang kemerah mudaan. Burung gelatik mungil ini merupakan burung pemakan buah-buahan, biji dan juga serangga serta suka hidup secara berkelompok dengan burung-burung yang lain.

Gelatik Silver
Gelatik silver menjadi salah satu jenis burung gelatik yang memiliki ciri-ciri paruh yang berwarna merah cerah namun pada bagian tepinya berwarna putih kekuningan. Pada bagian bulu sebelah samping body berwarna putih, sedangkan dagu, dada, punggung sampai ke ekor memiliki warna abu-abu muda. Panjang jenis gelatik ini biasanya mencapai 15 cm.

Gelatik Putih
Berbeda dengan Gelatik Jawa yang mempunyai warna tubuh abu-abu serta berwarna hitam pada kepalanya. Gelatik Putih tidak mempunyainya, bahkan pada bagian tompel pipi putih yang biasanya dimiliki pada burung Gelatik Jawa, pada jenis Gelatik ini tidak terlihat karena bercampur dengan warna bulunya yang putih.

Ciri fisik yang terdapat di Gelatik Putih ini yaitu warian suara lebih banyak, warna pangkal paruh lebih merah dan empunyai mata tajam dan cerah. Jenis Gelatik ini harganya pun cukup mahal.

Gelatik Coklat / Gelatik Holland
Ciri khas yang terdapat dalam warna pada Gelatik Cokelat (cream java) ini adalah memiliki dominasi warna krem atau warna putih kekuning-kuningan. Di Indonesia banyak orang yang menyebutkan Gelatik Holland. Untuk ciri fisik gelatik Coklat ini hampir sama dengan Gelatik Silver dan Gelatik Belon, namun yang membedakan cuma soal warnanya saja.

Related posts