Burung Pelihara Yang Bulunya Indah

Burung Pelihara Yang Bulunya Indah

jenisburungdunia.web.id Bulu yang indah adalah bagian dari aspek keindahan burung,Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Burung Pelihara Yang Bulunya Indah. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Burung Pelihara Yang Bulunya Indah

Pada dasarnya, memang banyak orang di Indonesia yang memelihara burung karena suaranya yang indah ataupun unik. Meskipun begitu, ada banyak juga yang disukai karena keindahan bulunya.Warnanya yang mencolok mudah sekali menarik perhatian para pehobi unggas yang satu ini. Macam macam burung peliharaan yang banyak digemari karena keindahan bulunya adalah:

1. Bayan
Salah satu jenis unggas yang memiliki nama ilmiah Eclectus roratus ini masih kerabat dekat dengan burung betet dan kakatua. Tidak seperti burung peliharaan lainnya, bayan tidak dipelihara karena suaranya yang indah, tapi karena keindahan warnanya.Yang banyak disukai untuk dipelihara biasanya adalah yang betina. Penyebabnya adalah warna bulunya merah dan biru pada bagian bawah sayap dengan bagian ujung bulu ekornya yang berwarna kuning.Sementara yang jantan biasanya memiliki warna hijau terang dengan warna merah pada bagian bawah sayapnya. Bagian ujung dari ekornya tetap berwarna hijau.Perbedaan lain yang bisa dilihat dengan mudah adalah warna paruhnya. Bayan betina biasanya paruhnya berwarna hitam, sedangkan bayan jantan memiliki paruh atas berwarna merah dan paruh bawah berwarna hitam.

2. Anis Merah
Jenis jenis burung yang indah bulunya memang ada banyak sekali. Salah satu yang sudah lama dikenal dan dinikmati keindahannya oleh para pecinta burung adalah anis merah yang juga dikenal dengan nama punglor cacing.Ia terkenal di kalangan pehobi kicauan karena gaya kicauannya yang unik dan menarik perhatian setiap yang mendengarnya. Bahkan, anis merah memiliki sebutan untuk kicauannya sendiri yang khas, yaitu gaya teler. Kicauan tersebut bisa mengalahkan suara kicauan macam macam burung peliharaan lainnya sehingga banyak diminati.Tak hanya karena kicauannya, anis merah ini juga banyak disukai karena warnanya yang menarik. Pada bagian kepala, dada, hingga perutnya berwarna merah kekuningan, sementara punggung dan ekornya berwarna hitam kebiru-biruan. Warna tubuhnya tersebut terlihat sangat eksotis sehingga sangat pantas disebut sebagai burung hias rumah.

3. Kacer
Salah satu dari macam macam burung peliharaan yang indah bulunya selanjutnya adalah kacer, atau yang sering juga dikenal dengan nama kucica kampung. Hewan peliharaan yang agresif ini banyak digemari oleh pehobi kicauan karena gaya bertarungnya yang sangat mengotot.Ketika akan bertarung, kacer akan membuka ekor dan sayapnya layaknya ular kobra. Sehingga seringkali, ketika ia akan bertarung, pemiliknya menyebutkan kacernya tengah mengobra. Pada saat itu, keindahan bulunya semakin terlihat mencolok.Secara fisik, kacer memiliki ciri bulu kepala sampai dadanya berwarna hitam kelam, sementara perut hingga ekornya berwarna putih.

Baca Juga : Burung Kicau Nokturnal

Jika tertimpa sinar matahari, bulu dada kacer bisa terlihat sangat mengkilat. Menjadikan burung peliharaan satu ini sangat diminati pehobi unggas.Kacer sebenarnya juga termasuk dalam jenis burung yang mudah dijinakkan. Namun kalau kamu berniat menjadikan kacer sebagai petarung yang suka dilombakan, ada baiknya ia tidak dijinakkan. Sebab, hal itu bisa menjadikan kacer kehilangan sifat aslinya di alam sebagai petarung.

4. Tledekan
Unggas yang satu ini disebut juga sulingan gunung, dan biasanya jarang sekali dipelihara oleh pehobi kicauan. Hal ini disebabkan karena habitatnya yang berada di atas gunung sehingga bisa dibilang susah dicari.

Related posts