Burung Pipit

Burung Pipit

jenisburungdunia.net – Burung Pipit, Siapa sih yang gak tau burung ini apalagi yang tinggalnya di pedesaan pasti sudah akrab banget, namanya burung pipit emprit sebutan khusus bagi masyarakat Jawa, burung pipit ini hidup dalam kelompok-kelompok biasanya berhenti di satu tempat untuk mencari makan.

Makannya biji-bijian terutama padi, burung ini di cap sebagai wereng bagi petani padi karena ia datang ke sawah-sawah petani saat padi sudah mulai menguning, karena umumnya berkelompok jadi sekali hinggap di satu sawah dalam jangka 1 hari bisa jadi panen berkurang berkilo-kilo apalagi kalau berhari-hari bisa dipastikan gagal panen.

Species Pipit Matari

1. Neochmia phaeton phaeton
Ras ini daerah persebaran yaitu mulai dari wilayah utara Australia Barat, wilayah utara Northern Territory, sampangan di wilayahi de Queensland.

Baca juga : Burung Gelatik

Ciri khas burung pipit matari ras australia ini yaitu punya perut berwarna hitam. Maka dari itu dalam literatur perburungan internasional burung ini disebut dengan black-bellied crimson finch.

2. Neochmia phaeton evangeline
Dan untuk ras ini daerah persebarannya yaitu berada di wilayah selatan Papua dan juga di ujung timur-laut Austalia.

Pipit matari juga merupakan ras papua yang mempunyai perut yang berwarna putih (white-bellied crimson finch). Kemudian pada bagian ekor lebih pendek jika dibandingkan jenis lainnya yang ada di Australia.

Kehidupan dari burung pipit matari ini sering terlihat kelompok burung kecil atau dalam kawanan besar bergerombol.Terkadang juga terlihat bercampur bersama jenis pipit lainnya seperti bondol.

Habitat burung ini juga beragam, seperti savana, hutan bambu, padang rumput yang berawa, areal perkebunan. Bahkan burung ini juga memiliki habitat di daerah dengan rumput tinggi di dekat danau atau tepian sungai.

Makanan Burung Pipit Matari
Burung pipit matari merupakan burung pemakan biji bijian, bisa anda berikan seperti pakan kenari. Bisa juga anda beri Sayur-sayuran seperti mentimun, daun bayam, sawi, wortel, dan sebagainya.

Sedangkan untuk pakan hidup diantaranya seperti ulat hongkong, baik yang masih hidup maupun yang telah dikeringkan. Anda juga bisa memberikan telur rebus dan asinan sebagai pakan tambahannya.

Related posts