Burung Unik Amazon

Burung Unik Amazon

jenisburungdunia.net Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Burung Unik Amazon. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Burung Unik Amazon.

1. Hoatzin
Salah satu burung menarik yang ada di Hutan Amazon adalah Hoatzin, di mana burung ini juga disebut dengan burung reptil, karena bentuknya mirip dengan kadal. Burung ini memiliki habitat utama di Dataran Amazon dan Orinoco, yang memiliki panjang 65 cm dengan leher panjang dan kepala kecil.Selain itu burung ini memiliki warna yang menarik dengan tubuh berwarna coklat maroon dan kepala biru, ditambah adanya mahkota di atas kepalanya. Burung bernama latin Opisthocomus hoazin ini memiliki makanan utama berupa dedaunan, bunga dan buah yang ada di Hutan Amazon.

2. Plum Throated Cotinga
Plum-throated cotinga menjadi salah satu burung yang memiliki habitat alami di Hutan Amazon, yang masuk dalam wilayah negara Brazil, Bolivia, Ekuador, Kolombia dan Peru. Burung ini memiliki ukuran 19-19,5 cm dengan berat mencapai 65 gram. Spesies burung ini ditemukan oleh seorang zoologis asal Perancis bernama Mathurin Jacques Brisson pada tahun 1760.

3. Castelnau antshrike
Castelnau’s antshrike merupakan spesies burung yang memiliki habitat alami di Hutan Amazon, tepatnya berada di Brazil, Kolombia, Ekuador dan Peru. Ukuran dari burung ini mencapai 16-17 cm, yang memiliki habitat di sekitar Sungai Amazon. Burung yang masuk dalam keluarga Thamnophilidae ini umumnya memakan serangga-serangga kecil yang ada di dalam hutan.

Baca Juga : Burung Tercepat Di Bumi

4. Trumpeter
Trumpeter merupakan hewan endemik di Hutan Amazon bagian utara, pada wilayah negara Brazil, Guyana dan Guyana Perancis. Burung ini memiliki ukuran yang sama dengan ayam, dengan panjang 45-52 cm dan memiliki berat 1-1,5 kg. Hewan ini hanya dapat terbang rendah, namun dapat berlari dan berenang dengan cepat. Makanan dari hewan ini berupa buah yang jatuh di tanah, serta seringkali memangsa serangga kecil dan artropoda.

5. Collared puffbird
Terakhir terdapat Collared puffbird menjadi salah satu burung yang mendiami Hutan Amazon, tepatnya berada pada wilayah negara Kolombia, Venezuela dan Guyana. Burung ini mempunyai ukuran maksimum mencapai 21 cm, dengan warna perpaduan antara coklat dan putih. Sedangkan makanannya adalah serangga, di mana burung ini memilih untuk berdiam di pohon sambil menunggu serangga yang lewat, maka dari itu burung ini juga dijuluki lazy bird atau sleeper.

Related posts