Cara Menjinakan Dan Merawat Burung Elang Dengan Mudah

Cara Menjinakan Dan Merawat Burung Elang Dengan Mudah

Jenisburungdunia.net – burung yang satu ini merupakan burung yang sangat agresif dan lincah. Burung ini merupakan salah satu burung predator yang menakutkan dan juga mematikan bagi para mangsanya.

Cara Menjinakkan Dan Merawat Burung Elang Dengan Mudah

Di alam liar burung elang merupakan burung predator yang ganas dan mematikan bagi setiap mangsanya, burung ini melesat sangat cepat saat sedang berburu mangsanya. Burung elang di kenal sangat pemberani, karena burung elang tidak takut dengan hewan lainnya. Dan yang paling unik dari burung elang yaitu memiliki penglihatan yang sangat tajam. Burung elang dapat melihat mangsa dari jarak jauh.

Dan Pada saat burung elang di udara dia dapat membidik dengan tepat calon mangsanya. Dengan penglihatan yang tajam dan kecepatan, cengkraman kaki yang sangat kuat yang di miliki burung elang, mangsa yang sudah di bidik tidak dapat melarikan diri darinya. Sebagai burung predator yang ganas burung elang akan memangsa apa saja. Seperti ular, tikus, burung, dan lainnya juga.

Meskipun burung elang di kenal sebagai hewan yang ganas dan mematikan. Namun jika kalian merawat burung elang dari kecil dengan benar dan juga melatihnya, maka burung elang dapat jinak dan penurut loh… Bahkan sekarang sudah banyak para pecinta burung yang memelihara dan merawat burung elang juga.
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan satu artikel yaitu cara menjinakkan dan merawat burung elang dengan mudah. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menjinakkan dan merawat burung elang. Silahkan anda simak artikel saya di bawah ini.

1. Membuat Kandang Burung Elang.

Sebenarnya dalam cara menjinakan dan merawat burung elang dengan mudah, tidak lah memerlukan kandang. Anda hanya perlu membuatkan tempat yang teduh dan juga tangkringan. Untuk membuat tangkringan anda bisa menggunakan pipa pvc yang di bentuk seperti huruf T. Untuk membuat tangkringan cukuplah mudah, bahan bahan yang anda perlukan yaitu kaleng bekas cat, semen, dan pipa yang sudah di bentuk seperti huruf T.

Cara membuatnya yaitu pertama anda ambil kaleng cat yang kosong kemudian tancapkan pipa pvc yang sudah di bentuk seperti huruf T selanjutnya tuangkan semen yang sudah jadi ke dalam kaleng cat diam kan selama 1-2 hari agar semen tersebut mengeras.

Baca Juga : Tips Merawat Burung Kenari Agar Memiliki Suara Indah

2. Memberi Makan Burung Elang

Cara menjinakkan dan merawat burung elang dengan mudah, Langkah selanjutnya yaitu memberi makan burung elang anda. burung yang anda sedang rawat dan anda ingin jinakan tentunya haruslah anda beri makan. Untuk makanan burung elang berrmacam macarm mulai dari :

  • Daging Kelinci
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Daging puyuh
  • Dan Daging ikan

Usahakan memberi makan daging yang masih segar, karena burung elang sangat suka daging yang masih segar. Terlebih lagi hewan yang masih hidup. Namun jika hewan yang masih hidup sebaiknya yaitu ikan atau tikus. Yah anda pikir saja jika memberikan kelinci atau ayam yang masih hidup kepada elang anda. Apa tidak kasihan melihat ayam atau kelinci di cabik cabik. Saran dari saya sih sebaiknya ikan ya.

3. Menjinakan Dan Melatih Burung Elang

Yang Terakhir dalam cara menjinakkan dan merawat burung elang dengan mudah.Untuk menjinakan burung elang anda harus memiliki kesabaran extra sebab burung elang yang masih liar membutuhkan waktu untuk di jinakkan.

Cara menjinakkannya sebenarnya cukup mudah yaitu dengan cara membiarkan burung elang selama 1 bulan di tangkringan, namun jangan lupa anda selalu memberi makannya. Setelah burung elang anda mulai tenang dan terbiasa dengan tempat tinggal barunya. Langkah selanjutnya yaitu anda memberikannya nama, memberikan nama merupakan satu hal paling penting dalam menjinakan burung elang taupun hewan lainnya.

Setiap anda memberi makan usahakan selalu memanggil namannya. Dalam kurun waktu burung elang akan mengenali anda, setelah itu barulah anda bisa melatihnya. Cara melatihnya juga cukup mudah iya itu dengan cara meletakan burung elang di tangan anda dan biarkan dia berdiri tegak di tangan anda. Namun yang harus anda lakukan sebelum anda meletakan burung elang di tangan anda sebaiknya anda menggunakan sarung tangan khusus yang di jual di toko hewan. Dan juga anda harus mengikatkan 1 kakinya dengan menggunakan tali yang tehubung dengan sarung tangan anda agar burung tidak terbang jauh.

Cara Menjinakan Dan Merawat Burung Elang Dengan Mudah

Setalah itu biarkan burung elang anda sampai bisa berdiri tegak di tangan anda. Jika sudah bisa berdiri tegak berikan hadiah untuk burung anda berupa makanan. Selanjutnya jika burung anda sudah terbiasa berdiri tegak di tangan anda lanjutkan dengan mengelus elus bagian kepala burung anda, dan jangan lupa memberi kan hadiah berupa makanan.

Semua langkah itu sebaiknya anda sandingkan dengan memanggil namannya juga. Jika anda yakin burung anda sudah benar benar mengerti dan jinak. Barulah langkah terakhir yaitu melatih burung anda terbang dan memanggil namanya agar dia kembali ke tangan anda. Dan untuk melatih burung elang sebaiknya dilakukan di lapangan yang terbuka ya…

Related posts