Cara Unik Merawat Biar Murai Batu

Cara Unik Merawat Biar Murai Watu

Jenisburungdunia.net – Banyak macam macam cara untuk menciptakan burung Murai Batu gacor, atau ngeplong. Dan banyak sekali cara itu, termasuk telah ditulis dalam postingan ini. Dan cara ini khusus untuk burung pemakan serangga, menyerupai murai batu, kacer, pentet, dan sejenisnya dapat juga diterapkan Untuk Dijadikan Burung Jawara.

Burung Murai kerikil atau white rumped shama (Copsychus malabaricus) yaitu burung berkicau yang cukup terkenal di Indonesia yang termasuk ke dalam family Turdidae.

Jenis burung Murai kerikil ketika ini di pasaran cukup gencar menjadi burung kicau yang paling di buru penggemarnya dan menempati kelas utama dalam setiap kontes dan even burung berkicau di Indonesia. Karena kualitas bunyi yang elok serta penampilan fisik yang indah inilah yang juga menyebabkan semakin banyak para penangkar yang berusaha untuk mengembangbiakkannya dan bahkan dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

“Ngeplong” yaitu bunyi murai kerikil yang keras, tembus, bervolume, dan berpower. Berbeda dengan bunyi “ngriwik” yang terdengar pelan dan tanpa power, alias hanya kicauan bervolume rendah.

Untuk mendapat kualitas yang unggul seorang breeder haruslah menawarkan perawatan ekstra. Entah itu mandi, pakan khusus, ataukah santunan training memakai masteran, tapi yang terperinci perawatan tersebut haruslah mendongkrak performa dari Murai itu sendiri.

Nah Pada kesempatan ini kami akan membuatkan mengenai wacana Cara Merawat Agar Murai Batu Cepat Ngeplong.

Adapun Tips Cara Merawat Murai Batu Agar Cepat Gacor dan Ngeplong yaitu menyerupai berikut:

1.Pemandian dan Penjemuran

Untuk mandi dan jemur, Anda dapat menerapkannya setiap hari pada Murai Batu. Kenapa setiap hari? Karena dengan cara ini Murai akan mempunyai kualitas stamina yang baik, hal itu juga bertujuan biar Murai Batu lebih cepat ngeplong dengan perawatan mandi dan berjemur yang Ia jalani. Sedangkan untuk perawatan mandinya sendiri, Anda dapat memandikan Murai ini dengan cara disemprot, tapi Anda juga dapat membiarkan Ia mandi sendiri di keramba mandi yang dapat Anda siapkan. Sedangkan untuk berjemur, Anda dapat menjemur Murai apabila Ia sudah kering dari air sisa mandi, sedangkan untuk waktunya usahakan jangan hingga lebih dari jam 10 pagi.

Baca Juga : Cara Menjinakan Dan Merawat Burung Elang Dengan Mudah

2.Pemberian Pakan Khusus

Untuk menunjang performa Murai, seorang breeder haruslah memakai beberapa jenis serangga untuk makanan ekstra. Serangga itu dapat berupa belalang, jangkrik, kroto, ulat Hongkong, ulat kandang, dan beberapa sedangga lain yang umumnya dikonsumsi Murai ketika di hutan. Akan tetapi, khusus kroto dan jangkrik, Anda harus memberinya setiap hari. Sedangkan untuk porsinya sendiri, untuk sehari Anda dapat menawarkan 4 ekor jangkrik dan 1 sendok kroto di pagi hari, sedangkan untuk sorenya Anda dapat menawarkan 3 ekor jangkrik dan 1 sendok kroto. Serangga ini bertujuan untuk meningkatkan birahi Murai. Harapannya, bila birahi Murai sudah tinggi maka Ia pun akan berkicau dan ngeplong. Jangan lupa berikan vitamin yang berkualitas terbaik.

3.Pemasteran

Penggunaan masteran yaitu salah satu cara untuk memancing Murai biar ngeplong. Hal ini sangat umum dilakukan, alasannya yaitu dengan cara ini naluri bertarung Murai akan muncul dan berkicau layaknya masteran yang ada. Sedangkan untuk pemasteran sendiri, Anda dapat melakukannya sehabis Murai tamat dijemur. Lalu, bagaimana dengan masterannya? Untuk masteran sendiri, Anda dapat memakai Murai lain, Lovebird, Pleci, atau jenis burung yang sudah ngeplong lainnya, sedangan untuk cara yang lebih praktis, Anda dapat memutar MP3 atau rekaman bunyi burung yang sudah ngeplong untuk diperdengarkan pada Murai.

Tips Cara Merawat Agar Murai Batu Cepat Gacor dan Ngeplong di atas dapat Anda praktekan pada Murai Anda. Akan tetapi, selain melaksanakan perawatan dan training di atas, jangan lupa juga untuk memberikan multivitamin pada Murai Anda. Anda tidak mau bukan mempunyai Murai yang berkualitas tapi sakit-sakitan? Untuk itu, selain perawatan dan pelatihan, Murai Batu Agar Gacor Butuh Vitamin yang cukup.Semoga bermanfaat.

Related posts