Emperor Penguin Punya Kerajaan Sendiri

Emperor Penguin Punya Kerajaan Sendiri

jenisburungdunia.net Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Emperor Penguin Punya Kerajaan Sendiri. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Emperor Penguin

Bertubuh gembul dan lihai berenang membuat penguin tak pernah luput dari kesukaan anak-anak pada dunia binatang. Belum lagi anak penguin bertubuh bulat dipenuhi bulu yang bikin siapapun pengen memeluknya. Penguin kecil dengan bulu keabuan dan wajah bulat hitam putih ini ternyata anakan dari penguin jenis kaisar.Penguin kaisar atau yang punya sebutan lain sebagai emperior penguin merupakan jenis paling populer sekaligus besar diantara saudaranya lho. Kira-kira apa lagi ya fakta unik si imut yang bisa bertransformasi jadi penguin cerdas ini? Simak ulasannya di bawah!

1. Anak penguin kaisar memiliki warna tubuh yang berbeda dari sang induk
Anak penguin kaisar punya penampilan fisik lebih menggemaskan dibanding induknya yang tampak gagah. Mereka dilapisi bulu-bulu halus berwarna putih keabuan dengan warna hitam di bagian atas kepala. Otomatis penampakan anak emperor penguin ini bikin siapapun gemas dan pengen memeluknya erat-erat! Nantinya anak-anak penguin ini akan bertransformasi menjadi penguin remaja dan warna bulunya pun ikut berubah seperti penguin dewasa. Tubuh mereka tak lagi gembul dan pendek namun beranjak tinggi dan punya dada yang bidang.

2. Induk betina dan jantan memiliki tugas masing-masing dalam mengurus anak
Betina dan jantan emperor penguin punya tugas yang berbeda lho dalam urusan anak. Setelah melakukan proses kawin yang singkat betina akan bertelur dan menitipkan telurnya kepada sang jantan untuk dierami selama 3-4 bulan. Selagi sang jantan menjaga telur betina akan pergi ke laut lepas mencari makan dan menghabiskan waktunya untuk bersantai.Selama mengerami telur jantan akan kehilangan setengah bobot tubuhnya dan mengandalkan cadangan lemak sebagai makanan. Saat selesai me time nantinya jantan dan betina akan bertukar posisi untuk bergantian pergi dan menjaga anak yang sudah menetas.

3. Ukuran seekor emperor penguin dewasa bisa setara dengan anak usia 8 tahun
Emperor penguin dijuluki sebagai jenis penguin terbesar di dunia karena alasan yang masuk akal. Bagaimana tidak bila seekor penguin kaisar dewasa beratnya bisa mencapai 40 kg dengan tinggi 100-115 cm! Kebayang kan seperti apa besar induk penguin bertubuh lonjong dengan perut menonjolnya yang khas?

4. Dapat bertahan di suhu ekstrem berkat mantel tebal yang dimilikinya
Kamu harus tahu bahwa penguin kaisar ini dapat bertahan dalam suhu ekstrem hingga -50°C lho! Mereka punya perlindungan serba ekstra yang terdiri mulai dari dua lapisan bulu tebal, cadangan lemak, bulu-bulu di sekitar pergelangan kaki, bentuk sirip dan paruh yang lebih kecil dari penguin jenis lain agar terhindar dari dingin.

5. Penyelam terbaik yang bisa menciptakan atraksi indah dalam lautan
Sama seperti penguin yang biasa kamu temui di kebun binatang, emperor penguin juga tak kalah pandai berenang di lautan. Bedanya mereka punya kecepatan lebih tinggi dan gerakan yang indah. Penguin kaisar saat berenang bisa menciptakan lintasan air yang sangat indah bila diabadikan atau ditonton langsung jika kamu bernyali besar untuk berkunjung ke Antartika dan melihat mereka melakukan atraksi selama di dalam air.

Baca Juga : Burung Kiwi Lucu Banget

6. Sayangnya populasi penguin kaisar kini terus menurun dan terancam punah
Karena pemanasan global yang kian parah habitat asli penguin kaisar yang berada di Kutub terancam. Akibatnya populasi emperor penguin semakin menurun sebab proses perkembangbiakan yang lebih sedikit. Ditambah lagi penangkapan ikan berlebihan yang membuat asupan makanan hewan lucu ini berkurang.Sayang banget ya jika emperor penguin harus menghadapi situasi sulit seperti ini terus menerus. Untuk tetap mempertahankan populasi mereka yuk sama-sama kita menjaga bumi agar tetap aman dan mengurangi tindakan yang bisa memperparah pemanasan global!

Related posts