Fakta Menarik Dari Burung Flamingo

Fakta Menarik Dari Burung Flamingo

Jenisburungdunia.net – Burung Flamingo terkenal dengan ciri khas leher dan kaki yang panjang. Flamingo juga memiliki paruh panjang dan warna tubuh yang cantik untuk dipandang. Maka dari itu Burung Flamingo menjadi salah satu hewan yang paling banyak dijadikan animasi favorit gadis perempuan. Tetapi di balik cover-nya yang imut ternyata burung tersebut menyimpan beberapa fakta menarik ini lho. Berikut langsung saja kita bahas mengenai fakta menarik dari burung flamingo yang perlu kalian ketahui :

1. Memiliki nama lain burung api alias fire bird
Bertubuh indah tidak membuat flamingo selamanya memiliki julukan yang indah pula. Buktinya flamingo memiliki nama lain fire bird yang berarti burung api. Kok bisa? Yap, karena nama flamingo berasal dari Bahasa Spanyol ‘flamenco’ yang berarti api. Kata itu diambil berdasarkan warna pink mencolok yang dimiliki oleh flamingo.

2. Flamingo terdiri dari banyak jenis
Jika kamu hanya mengetahui flamingo yang bewarna pink saja, artinya kamu kurang up to date nih. Sebab flamingo sebenarnya terdiri dari 6 jenis spesies yang berbeda. Diantaranya adalah The greater flamingo, Chilean flamingo, Lesser flamingo, Caribbean flamingo, Andean flamingo dan Puna flamingo. Warna pink, putih dan lainnya dalam tubuh flamingo muncul karena mereka umumnya memakan ganggang dan krustasea yang mengandung pigmen karotenoid, sehingga bisa menular ke bulu mereka.

3. Flamingo memiliki darah dan lendir bewarna pink
Karotenoid yang tersebar dalam tubuh flamingo bukan hanya muncul di bagian bulunya saja, namun zat itu menyatu pula dengan warna darah flamingo. Para flamingo betina yang baru memiliki anak memberi makan langsung dari mulut mereka. Flamingo dewasa ini menghasilkan lendir yang memiliki fungsi seperti susu dan ini juga bewarna merah muda.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Burung Paruh Sepatu

4. Tubuh flamingo bisa berubah warna ketika akhir musim kawin
Baik flamingo jantan maupun betina bisa memberi makan anak mereka dengan susu yang dihasilkan dari lendir mereka. Cairan yang bewarna pink tersebut sepenuhnya diberikan kepada sang anak sehingga warna pink flamingo dewasa memudar menjadi putih hingga keabuan. Para ilmuwan menemukan memang pada beberapa spesies flamingo tertentu kadar karoteneoidnya berbeda sehingga hal seperti tadi wajar terjadi.

5. Warna pink paling mencolok merupakan lambang flamingo terkuat
Semakin pink dan mencolok warna merah muda yang dimiliki oleh seekor flamingo mengartikan statusnya yang semakin tinggi di koloni. Ini menandakan bahwa flamingo berbulu pink pekat paling andal dalam mencari makanan. Dari makanan tadi anak-anak flamingo yang terlahir dengan tubuh putih akan bertransformasi menjadi berbulu merah muda karena kadar karotenoid yang dikonsumsinya sejak baru lahir.

Related posts