Fakta Menarik Dari Snowy Owl

Fakta Menarik Dari Snowy Owl

Jenisburungdunia.net – Seperti namanya, snowy owl atau burung hantu salju ini memiliki penampilan berwarna putih layaknya salju. Burung hantu salju berbeda dengan kerabatnya yang suka beraktivitas di malam hari. Sebab, mereka bukanlah hewan nokturnal. Selain itu, masih ada lagi fakta menarik tentang burung cantik ini. Dilansir dari laman National Geographic, Tree Hugger, dan All About Birds, berikut akan kami bahas mengenai beberapa fakta menarik tentang burung hantu salju !

1. Lebar sayap yang mengesankan
Burung hantu salju dapat merentangkan lebar sayapnya hingga 1,5 meter dengan kecepatan terbang 40 km/jam. Kaki-kaki burung hantu salju dilapisi dengan bulu halus yang berfungsi untuk menjaga kehangatan tubuhnya di habitat yang dingin.

2. Pemburu yang sabar sekaligus ganas
Saat lapar, burung hantu salju akan bertengger dan sabar menanti seolah-olah sedang “duduk manis” sambil memantau keadaan sekitar. Burung hantu salju memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat tajam.

Ketika hewan pengerat kecil yang disebut lemming muncul, dengan sigap mereka mencengkeram mangsa dengan kuku tajamnya. Seekor burung hantu salju dewasa bisa mengonsumsi tiga sampai lima ekor lemming atau sekitar 1.600 lemming per tahunnya.

3. Penampilan jantan dan betina yang berbeda
Burung hantu salju yang berwarna putih pekat itu berarti berjenis kelamin jantan. Sebab, para betina umumnya memiliki sedikit corak hitam di tubuhnya. Hal sebaliknya terjadi pada pejantan. Seiring berjalannya usia, burung hantu salju jantan akan memiliki warna putih yang semakin bersih seperti salju.

Baca Juga : Fakta Unik Dari Burung Kiwi

4. Jenis burung terbesar di Amerika Utara
Dengan bulu-bulu lebat yang menghiasi tubuhnya dari suhu dingin, burung hantu salju dinobatkan sebagai jenis burung terbesar di Amerika Utara. Berat seekor burung hantu salju sekitar 2 kg.

5. Bukan hewan nokturnal seperti kerabatnya
Berbeda dari burung hantu lain yang dikenal sebagai hewan nokturnal, burung hantu salju tidak melakukan kegiatannya pada waktu gelap. Burung cantik ini beraktivitas di siang hari. Mereka menggunakan malam hari sebagai waktunya beristirahat.

Jika kamu mau menemui burung hantu salju, saat musim migrasi tiba, mereka kerap kali terbang ke Quebec, Kanada, dan Amerika Utara.

Related posts