Fakta Tentang Burung Roadrunner

Fakta Tentang Burung Roadrunner

Jenisburungdunia.net – Bagi penonton Looney Tunes agaknya akan tahu burung roadrunner. Di Looney Tunes, roadrunner adalah pelari cepat, memiliki badan biru dengan leher panjang dan jambul. Namun dalam kehidupan nyata, roadrunner tidak memiliki leher panjang tapi tetap bisa berlari dengan kencang. Berikut adalah beberapa fakta tentang burung roadrunner yang sedikit berbeda dengan kartunnya.

1. Roadrunner berasal dari keluarga Cucko yang banyak ditemukan di Amerika
Roadrunner ditemukan memiliki 2 jenis yaitu Geococcyx californianus dan Geococcyx velox. Geococcyx californianus adalah jenis yang lebih besar dan biasanya melintasi AS barat daya dan Meksiko utara. Sedangkan Geococcyx velox adalah jenis lebih kecil yang berada lebih jauh ke selatan. Kedua jenis ini merupakan keluarga Cucko, burung yang suka menempatkan telurnya di sarang burung lain.

Uniknya hewan ini adalah hewan yang setia pada pasangannya. Mereka termasuk hewan monogami. Saat bertelur pun, proses pengeraman dilakukan bergantian antara jantan dan betina.

2. Roadruner, pelari lurus yang cepat
Roadrunner memiliki 2 kaki yang masing-masing memiliki 2 jari menghadap ke depan dan 2 jari menghadap kebelakang sehingga membentuk huruf X dan disebut zygodactyl. Dengan kaki zygodactyl, roadrunner diketahui bisa berlari dengan kecepatan hingga 15 hingga 20 mil/jam. Dengan kecepatannya itu, roadrunner dapat menangkap ular derik dengan mudah. Namun sayang, roadrunner hanya dapat berlari untuk jalur lurus. Selain itu, roadrunner hanya dapat berlari kencang saat muda. Seiring bertambahnya umur, kecepatan berlari akan turun.

3. Roadrunner, burung yang minim terbang
Dalam hal berlari, roadrunner adalah jagonya di antara burung-burung lainnya. Namun dalam hal terbang, roadrunner hanya melakukannya sesekali. Sayap yang lemah dan otot kaki yang berat membuatnya memilih berlari dibanding terbang. Selain itu, pada saat berlari, roadrunner tidak berbunyi seperti dalam tokoh kartun Looney Tunes. Mereka hanya bergemuruh sebagai tanda menarik perhatian wanita dan mempertahankan wilayah.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai Burung Inca Tern

4. Roadrunner, hewan omnivora yang tahan dingin
Roadrunner termasuk dalam hewan omnivora yang berarti pemakan segalanya. Roadrunner memakan biji, buah kaktus, siput, ular, kadal, serangga, arakhnida, dan hewan pengerat. Selain itu roadrunner adalah pemakan ular berbisa. Dengan kecepatannya berlari, roadrunner mengepakkan sayapnya seolah-olah menjadi besar dan memangsa ular salah satunya ular derik.

Tak hanya berani dengan ular derik, roadrunner juga berani dengan cuaca dingin malam hari. Burung roadrunner mempertahankan diri dari dinginnya malam dengan menurunkan suhu tubuhnya hingga 15°F sehingga memungkinkan pembakaran lemak yang lebih sedikit. Untuk menghangatkan diri, roadrunner suka berjemur dibawah sinar matahari dengan mengangkat bulu-bulu sampai terlihat kulitnya.

5. Mitos yang mengelilingi roadrunner
Orang Puebloan percaya bahwa burung roadrunner dapat melindungi dari roh jahat. Suku ini menggoreskan huruf X pada tanah agar terlihat seperti jejak burung roadrunner. Dengan begitu diharapkan roh jahat akan menghindari lambang tersebut dan tidak mengganggu mayat. Selain itu, bulu roadrunner diletakkan di tempat bayi untuk melindungi bayi yang ada di dalamnya.

Burung pelari cepat ini telah menjadi maskot organisasi anti-membuang sampah sembarang dengan nama dusty. Selain itu, roadrunner juga menjadi burung negara Meksiko.

Related posts