Jenis Burung Prenjak Kepala Merah

jenis burung Prenjak Kepala Merah

Jenisburungdunia.net – Rata-rata Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan kurus. Selain itu, ia juga memiliki ekor yang panjang jika dilihat dari bentuk posturnya.

Untuk panjang tubuh prenjak, mulai dari ujung paruh hingga ujung ekor, sekitar 10 hingga 15 cm. Namun, burung prenjak ini sangat langka atau bisa dikatakan habitatnya habis.

Untuk spesies premenak ada yang berukuran lebih dari 25 cm. Beo biasanya memiliki warna hijau zaitun, kekuningan atau coklat di bagian belakang. Dan itu memiliki warna keputihan atau kekuningan yang ditemukan di perut.

Tidak ada dan nyanyian burung yang terdengar sangat keras kadang-kadang sering sangat bising. Kemudian, bagi sebagian orang Jawa, katakan dengan percaya diri, jika pangeran yang bernyanyi di depan rumah adalah pertanda bahwa akan ada tamu yang akan berkunjung.

Dapat dikatakan bahwa nada para premen adalah operan yang sulit. Kicauan burung ini saat sedang bertengger di ujung pilar, ujung ranting, bahkan di kabel listrik, tiang atau tempat lain.

Prenjak lebih suka di tempat terbuka, seperti semak, padang rumput, teras, taman, dll.

Kemudian, pada saat maghrib, burung ini mulai mencari ruang untuk tidur sambil bernyanyi. Ketika mereka tidur, burung-burung ini suka berada di pohon kecil yang memiliki ranting kecil.

Prenjak Kepala Merah

Prenjak kepala merah merupakan jenis burung prenjak yang menarik. Karena memiliki postur yang kecil tapi memiliki suara yang keras dan juga melengking.

Banyak pecinta burung kicau yang tertarik memelihara burung ini untuk klangenan dirumah atau sebagai masteran burung yang lain. Supaya bisa gacor, pilihlah prenjak kepala merah yang jenis kelaminnya jantan.

Sebab hanya prenjak kepala merah jantanlah yang sering berkicau serta punya beberapa variasi kicauan. Kemudian untuk burung prenjak kepala merah betina punya suara yang monoton.

Keindahan dari jenis burung prenjak kepala merah sesungguhnya tidak kalah jauh dari burung-burung yang lain. Tak hanya suara kicauannya yang merdu, prenjak kepala merah juga punya warna bulu yang indah.

Ciri khas dari burung dengan paruh lancip dan panjang ini yakni warna merah pada bagian kepala/mahkotanya.

Burung prenjak kepala merah merupakan burung yang punya tubuh kurang lebih 10 cm dan populer dengan nama burung penjahit (common tailorbird).

Sebab kepandaiannya dalam menjahit dedaunan guna dijadikan sarang. Prenjak kepala merah termasuk pada family ciscitolidae dan banyak sekali diminati oleh pecinta burung kicauan. Suaranya yang terdengar nyaring dan melengking merupakan ciri khasnya.

Prenjak kepala merah juga bisa menirukan suara burung kicau yang lainnya. Burung Prenjak kepala merah yang paling sering berkicau/gacor merupakan yang berjenis kelamin jantan seperti halnya burung kicau yang lainnya.

Baca juga : Jenis Burung Tledekan

Untuk Prenjak kepala merah jantan punya ciri 2 bulu ekor yang lebih panjang dari pada bulu ekor yang lainnya. Bulu ekor prenjak kepala merah betina lebih terlihat pendek jika dibandingkan prenjak kepala merah jantan.

Bakalan prenjak kepala merah dengan jenis kelamin jantan punya bulu berwarna abu-abu gelap di bagian dada. Sedangkan pada anakan burung prenjak kepala merah betina, pada bagian dadanya memiliki warna abu-abu akan tetapi lebih terang.

Pakan Burung Prenjak Merah

Prenjak kepala merah pada habitat aslinya memakan ulat, serangga-serangga kecil dan juga makan laba-laba, kroto. Apabila anda membeli prenjak kepala merah yang belum mau makan voer anda dapat menyiasatinya supaya prenjak mau makan voer.

Langkahnya campurkan voer serta kroto dengan porsi voer lebih banyak jika dibandingkan kroto. Kurangilah porsi kroto setiap harinya sampai prenjak kepala merah mau makan voer sepenuhnya.

Itu sebaiknya prenjak sudah mau makan voer dan juga makan kroto. Sehingga anda dapat memberikan voer dan kroto pada tempat yang berbeda.

Kroto memang pakan yang baik untuk membuat prenjak kepala merah semakin gacor, lalu pakan berupa voer bisa mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan juga nutrisi pada prenjak kepala merah.

Related posts