Keistimewaan Burung Merpati

Merpati

Jenisburungdunia.net – Merpati adalah salah satu burung yang sering ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Bahkan, banyak orang rela merawat merpati. Pemeliharaan yang tidak terlalu sulit dilakukan merpati sebagai salah satu faktor yang membuat banyak orang memeliharanya. Merpati dapat memberi makan dan kembali ke ruang utama setelah mereka selesai mencari makanan. Pada zaman kuno, merpati sering digunakan sebagai alat untuk mengirim surat.

berbagai fakta unik dari burung merpati

1. Burung merpati merupakan lambang dari pembawa perdamaian. Hal ini dikatakan dari referensi alkitab pertama dalam perjanjian lama. Burung merpati dikatakan sebagai burung pembawa damai seperti yang diceritakan dalam milenium pertama oleh Kisah Nuh.

2. Selama masa perang, burung merpati dipercaya memberikan efek yang sangat besar. Pada Perang Dunia I dan II, banyak nyawa yang selamat dari peperangan karena jasa dari burung merpati. Burung merpati akan datang dan memberitakan tentang garis musuh. Tidak hanya itu, burung merpati juga sangat berperan untuk mengumpulkan intelijen yang akan digunakan di belakang garis musuh. Di sini kelangsungan hidup dari orang-orang tersebut hanyalah 10%. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat berjasa bagi mereka yang berhasil lolos dari Perang Dunia I dan II.

3. Ada beberapa kelompok agama yang masih mempercayai peranan burung merpati. Kelompok agama ini percaya bahwa mereka yang sudah meninggal, jiwanya akan berbentuk burung. Salah satunya adalah burung merpati. Hal inilah yang membuat kelompok agama ini sangat menghormati burung merpati. Ketika mereka memberi makan burung merpati maka mereka sudah memberi makan jiwa nenek moyang mereka.

4. Di beberapa negara masih banyak burung merpati berkeliaran di kota kota. Rupanya, burung merpati liar tersebut adalah keturunan merpati karang atau columba livia.

5. Pada tahun 1896, burung merpati digunakan pertama kali untuk layanan pos antara pulau Great Barrier dengan Selandia Baru.

Baca juga : Mitos Burung Perkutut Dalam Suku Jawa

6. Sepasang burung merpati yang hidup mampu berkembang biak sampai 8 kali setiap tahunnya. Dalam kondisi yang optimal, burung merpati yang sehat akan membawa dua merpati pemuda. Untuk frekuensi peternakan sendiri ditentukan oleh banyak tidaknya makanan yang tersedia. Diperlukan waktu selama 19 hari bagi telur merpati agar bisa menetas. Selama 19 hari inilah kedua orang tua dari burung merpati akan mengerami telur tersebut.

7. Beberapa tahun yang lalu, ada sebuah studi yang dilakukan dari Universitas Oxford. Mereka menyimpulkan bahwa burung merpati akan menggunakan jalan raya untuk menavigasi. Bahkan, burung merpati mampu mengubah arah yang ada di persimpangan jalan tol.

8. Reuters yang merupakan kantor berita terkenal di dunia melatih merpati rumahan untuk memulai bisnis di Benua Eropa. Merpati ini dilatih sedemikian rupa sehingga mampu membawa berita terbaru tentang harga saham dari Jerman ke Belgia.

9. Setelah 10 hari dilahirkan, burung-burung pada umumnya akan meninggalkan sarannya. Namun, berbeda dengan burung merpati yang akan tinggal di sarang tersebut sampai 2 bulan sebelum dewasa. Ini tentu merupakan waktu yang cukup lama bagi burung merpati untuk tinggal di sarangnya sampai ia membuat sarangnya sendiri.

10. Burung merpati adalah satu-satunya non mamalia yang sudah lulus tes cermin. Kemampuan ini adalah kemampuan yang sangat langka dan hanya dimiliki oleh satu dari 6 spesies aja. Burung merpati mampu membuat konsep dan hampir mengenali 26 huruf dalam bahasa Inggris. Tes cermin ini menuntut agar burung merpati mampu mengenali refleksinya pada cermin.

Related posts