Macam Macam Burung Peliharaan Yang Cerdas

Macam Macam Burung Peliharaan Yang Cerdas

jenisburungdunia.net Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Macam Macam Burung Peliharaan Yang Cerdas. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Macam Macam Burung Peliharaan Yang Cerdas

1. Jalak
Secara fisik, bentuk burung peliharaan yang satu ini memang tak begitu indah. Tapi jika sudah terpelihara dan terlatih dengan baik, ia bisa mengeluarkan suara yang sangat bagus.Bahkan, burung ini sangat kaya akan kicauan dan mampu menyanyi dalam berbagai suara dan lagu. Untuk mengajarinya bernyanyi pun terhitung mudah. Hingga akhirnya banyak orang yang ingin memelihara jalak karena kecerdasannya.

Ada beberapa macam jalak hidup di tanah air kita. Di antaranya adalah jalak suren alias jalak kuning, jalak abu abu, jalak sungu, jalak hitam, jalak sulawesi, jalak putih, dan jalak bali.Salah satu jenis jalak yang cantik bulunya adalah jalak bali. Bulu badannya berwarna putih bersih dengan sedikit hitam pada ujung ekor dan sayapnya. Kepalanya berjambul dengan warna putih.Jika burung jalak tengah berkumpul atau dikumpulkan pada satu tempat, kicauannya akan terdengar sangat gaduh. Meskipun begitu, kicauan tersebut sangat indah didengar.

2. Kakatua
Kakatua termasuk dalam macam macam burung peliharaan cerdas yang sangat disukai. Hal ini dikarenakan, kakatua mampu menirukan kata apa saja yang diucapkan manusia bila sudah terlatih dengan baik.Kakatua memiliki 4 buah jari, dua menghadap ke depan dan dua lainnya menghadap ke belakang. Paruhnya kuat, tebal, dan mengait. Badannya dan lehernya pendek, lidahnya tebal, dan kepalanya besar.Beberapa jenis yang banyak dipelihara adalah kakatua alba, kakatua jambul kesumba, kakatua jambul kuning, kakatua raja, dan kakatua putih kecil.

3. Murai Batu
Salah satu dari macam macam burung peliharaan ini paling banyak diminati oleh para pehobi kicauan. Selain suaranya yang keras, bunyi kicaunya yang unik dan bisa menirukan suara orang di sekitarnya seringkali membuat pecintanya terpesona. Apalagi murai batu terhitung cukup mudah untuk dilatih kicauannya.Murai batu sendiri sebenarnya merupakan salah satu dari sekian banyak burung berkicau yang berasal dari Indonesia. Jenisnya pun sangat beragam mulai dari murai batu medan, nias, aceh, dan murai borneo.

Baca Juga : Cucak Rawa Burung Kicau Mudah Depresi

Sayangnya, akibat banyaknya perburuan liar dan rusaknya lingkungan habitat aslinya, sekarang murai batu termasuk dalam salah satu burung yang hampir mengalami kepunahan. Karena hal itulah kini keberadaan murai batu di alam liar sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Semua itu tentunya dilakukan untuk menjaga jumlah populasinya agar kembali naik.Salah satu jenis murai batu yang sangat dicari sebagai koleksi atau untuk ditangkarkan adalah jenis murai batu dari Medan. Hal ini dikarenakan murai batu tersebut memiliki bentuk yang menawan dengan ekor yang sangat panjang.

4. Beo
Beo memiliki nama ilmiah Gracula religiosa. Burung peliharaan ini memiliki beberapa panggilan lain, di antaranya adalah tiung atau menco.Bagi kebanyakan orang, beo merupakan hewan peliharaan yang paling menarik karena pandai menirukan bunyi apa saja yang baru didengarnya atau sengaja diperdengarkan kepadanya. Mulai dari bunyi siulan, nyanyian, seruan, teriakan, panggilan nama seseorang, dan lain-lain.Beo juga sangat mudah dipelihara dan cepat mengenal pemiliknya. Sehingga kamu tidak akan kerepotan atau kebingungan dengan cara merawatnya.

Secara fisik, beo tidak memiliki penampilan yang terlihat keren atau menarik. Bulunya berwarna hitam, paruhnya kuning kemerah merahan, dan kepala berbulu pendek dengan gembel kuning di belakang matanya.Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis beo yang bisa dipelihara. Di antaranya adalah beo maluku, beo jawa, beo enggano, beo mentawai, dan beo nias. Biasanya, jenis beo nias lah yang paling banyak dipelihara sebagai burung sangkar, karena termasuk jenis beo yang paling pintar.

Related posts